Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Nutrition Fact

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 03 October 2012
di Gizi - 6 komentar

Nutrition fact 

Gambar Nutrition fact pada es krim rainbow wall's

 

Mari kita bahas maksud dari label/ nutrition fact produk tersebut satu persatu.

1). Takaran saji/ serving size : menandakan jumlah (berat) produk yang ada dalam kemasan tersebut (di sini tercantum 60ml)

2). Jumlah sajian per kemasan/ serving(s) per container : merupakan jumlah sajian pada satu kemasan tersebut. Di sini kebetulan satu bungkus ada 1 sajian sehingga %AKG sama pada kemasan. Seumpama jumlah sajian per kemasan jumlahnya 2, maka %AKG dikalikan 2 apabila dalam satu kemasan tersebut kita konsumsi semua.

3). Energi total : menandakan jumlah kalori/ energi yang ada pada makanan tersebut (per-sajian). Di sini, dalam satu sajian makanan tersebut terdapat 90 Kkal. Sedangkan energi dari lemak jumlahnya 25 Kkal.

4). Lemak total jumlahnya 3 gram, dimana dengan jumlah tersebut telah memenuhi 4% dari %AKG (Angka Kecukupan Gizi). Protein 0 gram (aneh juga y, dalam komposisi bahan terdapat keterangan adanya bubuk whey; keterangannya mengandung protein susu. Tapi kok dalam nutrition fact tidak tercantum adanya kandungan protein? >> mungkin jumlahnya sedikit, sehingga tidak dicantumkan) dan %AKG bernilai 0%. Selanjutnya karbohidrat total berjumlah 15 gram, dimana yang 9 gram didapat dari gula. Jadi, 6 gram karbohidrat berasal dari sumber lain (di komposisi terlihat adanya maltodekstrin. Maltodekstrin merupakan salah satu bagian dari karbohidrat dan biasa digunakan sebagai bahan pengisi pada makanan). %AKG total karbohidrat yaitu 5%. Sedangkan untuk natrium/ sodium, jumlahnya 30mg dan %AKG sebesar 1%.

5). %AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 Kkal. Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah. Angka tersebut didapatkan dari jumlah energi rata-rata orang dewasa. Sehingga pada kondisi khusus (misalkan pada Ibu hamil, Ibu menyusui, bayi, balita tentu saja berbeda). Di bawah tabel ada keterangan bahwa nilai %AKG didapatkan dari Nilai rekomendasi yang ada di Indonesia. Jadi ini mengindikasikan bahwa %AKG orang Indonesia berbeda dengan orang luar negeri. Beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan itu diantaranya adalah genetik, perbedaan rata-rata tinggi dan berat badan, serta keadaan fisiologis.

Perlu diketahui, label nutrition fact sangat berpengaruh pada diet bahkan kesehatan kita. Di sana tercantum berapa jumlah kalori yang terkandung, jumlah penyajian, kandungan gizi makro (karbohidrat, lemak dan protein) dan gizi mikro (vitamin dan mineral) dimana kita bisa memperkirakan jumlah kalori yang akan masuk di tubuh kita. Standar acuan untuk orang dewasa yaitu 2000 Kkal/ hari. Selain itu, pada label ini terkadang juga tercantum kandungan beberapa komponen bahan makanan yang bisa menyebabkan alergi (semisal kacang tanah). Jadi konsumen yang alergi terhadap kacang tanah bisa menghindari makanan yang mengandung kacang tanah setelah melihat adanya informasi di label tersebut. Ini bukanlah hal yang sepele, karena orang yang alergi kacang tanah bisa meninggal karena makan makanan yang mengandung kacang tanah (WAW!). Jadi, benar-benar perhatikan label yang ada pada makanan. >>> Jadi, kalau makan jangan asal makan, lihat dulu kandungan gizinya :-)

Bagi yang diet, lihat juga kandungan lemak yang ada pada makanan tersebut. Apakah jumlahnya standar atau melebihi jumlah standard. Kita sehari makan 3 kali (makan berat), dengan snack 2 kali (makan ringan). Jadi secara umum kita makan 5 kali dalam sehari. Kalau ditotal 100%, maka ambang batas tertinggi AKG yaitu 100%/ 5 = 20%. Jadi kalau ada gizi makanan yang menyebutkan AKG pada label melebihi jumlah 20% maka termasuk tinggi. Sedangkan 10% sedang, dan 5% kebawah tergolong rendah.

 

Contoh perhitungan nutrition fact (pada produk roti manis) : download

6 Komentar

qiky

pada : 04 October 2012


"informasinya sangat bermanfaat. jadi tahu betapa pentingnya mengetahui nutrition fact pada kemasan makanan. terus berkarya, semoga sukses :)"


riyanti

pada : 16 October 2012


"mw tanya, di contoh perhitungan nutrition fact roti manis, standar kebutuhan kalori rata-rata untuk makronutrien protein, lemak, karbohidrat mengacu dr mana ya? mhon informasinya. tks"


Arya Ulilalbab

pada : 16 October 2012


"Untuk saudara Riyanti :
60-75% karbohidrat, 10-15% protein, 10-25% lemak >>> sudah sesuai standard umum. Pendukung lain coba buka link ini : staff.ui.ac.id/internal/132051049/material/KonsepDasarNutrisi.pdf

Protein = 10 – 15% (dipakai buat standard 15%, asumsi karena protein tidak semuanya dapat dicerna jadi memakai standard atas 15%)
Lemak = 10 – 25% (dipakai buat standard 17,5%, diambil nilai tengah antara 10-25)
Karbohidrat = 60 – 75% (dipakai buat standard 67,5%, diambil nilai tengah antara 60-70%)"


Arya Ulilalbab

pada : 16 October 2012


"Untuk saudara Qiky : Terimakasih...
Amin, semoga tulisan ini bermanfaat :-)"


Arya Ulilalbab

pada : 16 October 2012


"Tambahan untuk saudara Riyanti :

teori dan konsep keperawatan
staff.ui.ac.id/internal/132051049/material/KonsepDasarNutrisi.pdf
Jenis File: PDF/Adobe Acrobat
Ind: 60-75% karbohidrat, 10-15% protein, 10-25% lemak. 1g karbohidrat→ menghasilkan 4 kkal. 1g protein→ menghasilkan 4 kkal. 1g lemal→menghasilkan 9 ..."


Living Room Design

pada : 25 October 2012


"Very interesting info! Perfect just what I was looking for!"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :