Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Kesehatan dan Kecantikan Kulit

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 05 October 2012
di Kesehatan - 0 komentar

rosella merah

Gambar Rosella Merah

(Tinggi Antioksidan dan Vitamin C)

 

Apakah kulit yang cantik berasal dari gen?

Kabar terbaru, tidak semua berhubungan dengan gen kita. 80-90% bersumber dari bagaimana kehidupan dan kebiasaan kita.

Penyebab keriput, kulit kering dan dehidrasi yaitu : rokok, terlalu lama terpapar sinar matahari, konsumsi alkohol yang berlebih, pola makan yang jelek, kurang tidur, stress, dan yang terakhir adalah gen.

Berikan nutrisi kulitmu dari dalam

Vitamin dan mineral tertentu berperan penting dalam kesehatan kulit. Seperti vitamin A, vitamin C, riboflavin, niasin, pyridoxine, vitamin E, zink dan selenium. Kekurangan unsur tersebut dapat menyebabkan masalah pada kulit.

  1. Keanekaragaman adalah kuncinya. Yang paling penting yaitu memilih aneka ragam makanan. Tidak ada satupun makanan/ kelompok makanan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi kulit dan tubuh.
  2. Jangan lupa minum yang teratur. Ini sangat penting bagi kesehatan kulit. Mengkonsumsi cairan rutin, 6-8 gelas sehari. Ini termasuk air mineral, teh dan jus. Konsumsi rutin cairan dapat memberikan kelembaban kulit dan membuatnya tampak basah. Dan ini dapat membantu membersihkan badan dari racun.

#Radikal Bebas dan Antioksidan. Radikal bebas diproduksi dalam proses yang ada dalam tubuh, termasuk makan dan bernafas, bisa juga berasal dari faktor lingkungan seperti rokok, polusi dan sinar UV. Terlalu banyak paparan radikal bebas tersebut dapat membahayakan tubuh kita. Dalam jangka waktu lama, bahaya radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit dan memungkinkan juga dapat menyebabkan kanker kulit. Antioksidan dapat mengatasinya dengan mengikat radikal bebas dan membuatnya tidak berbahaya. Buah dan sayuran adalah sumber antioksidan yang sempurna. Selain buah dan sayur, rosella juga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.

Tips lain :

  1. Jangan merokok. Penelitian menunjukkan bahwa merokok dapat mempercepat proses penuaan secara alami, juga menyebabkan kekeriputan pada kulit. Perubahan kulit perokok dapat dilihat pada dewasa muda yang telah merokok sedikitnya selama 10 tahun.
  2. Gunakan waktu untuk istirahat dan tidur. Penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak stress berakibat pada kesehatan kulit. Tidur yang cukup tidak hanya mencegah pembengkakan tetapi juga mencegah mata memar dan warna gelap dibawah lingkar mata
  3. Aktif. Latihan rutin yang bagus termasuk aktifitas aerobik seperti dansa, lari dan jalan cepat akan meningkatkan aliran darah yang membantu mengaktifkan dan meremajakan kulit. Dan juga, produki keringat badan badan yang disebut sebum, merupakan salah satu sumber pelembab alami kulit.

Selengkapnya bisa dilihat di : http://www.bda.uk.com/foodfacts/SkinHealth.pdf

 

 

DAFTAR PUSTAKA


Haffner, T. 2009. Nutrition and Skin Health. The British Dietetic Association.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :