Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Pengalaman Tes Masuk S2 UNAIR

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 11 October 2012
di Umum - 27 komentar

Sabtu pagi berangkat ke Surabaya, turun gubeng suruh jemput teman SMP. Sebut saja temen q namanya Aji. Cerita dikit tentang profil tmn q y :

AJI, nama lengkapnya Wahyu Aji Cahya Romadhon. Sewaktu SMP q manggilnya Wahyu, berhubung teman2x skrng kebanyakan manggilx Aji, q juga ikut2 manggil Aji (bosen manggil Wahyu, haha)

Rumahx di desa Campurejo Kota Kediri, kuliah di ANTROPOLOGI (kampus B) UNAIR. Qt itu dulu wkt SMP kayak tiga serangkai. Kemana2 bertiga. Ke alun2, ke Sri Ratu (mall terbesar di Kota Kediri wkt itu), dan kemana lah. Sering juga nginep di rumah Aji. Jd bs dipastikan dkt jg ma Ibu’ n Kakaknya Aji. Oy, hamper lupa. Teman q satune namax Allief, sekarang dia kerja di ekspedisi Semarang. Rumahnya karang ndoro. Jarang pulang dy, paling ketemu pas b puasa/ hari raya.

Lanjut..

Stelah dijemput Aji, qt lngsng menuju ke kost.x trus istirahat bentar. Tidak lama kemudian Aji otak atik laptop. Baru tak ketahui rupanya dy bisnis on line barang2 elektronik (lepu & BB) via kaskus, toko bagus, bekas, dsj.. Setelah posting dagangannya, tidak lama kemudian (skitar 30 menit) lepy Toshiba yg dijual 1,9jt langsung ditawar orang. Setelah negosiasi harga, akhirnya kena 1,8jt. Langsung saat itu juga barangnya qt anter ke kawasan Industri rungkut. Jauh juga rupanya, rungkut – gubeng. Balik ke kost, malamnya Aji ngajak q beli (kulak’an) lepy di Surabaya utara. Deket jembatan suramadu, y dh lihat sekalian. Bgs bngt d malam hari……… Udah dpt barang, kembali ke kost jam 00.30 (*GJ y, padahal minggu jam 08.00 q ujian di UNAIR). Sebelum nyampe di kost Aji, mampir bentar ke penjual pangsit rumahan. Ini ceritanya :

----------

Aji : “Yak, pangsit a?”

Q : “gk Yu (panggilx Wahyu lagi, bukan Aji. hehe), wuareg (masih sangat kenyang) q”, teh ae wes (the aja dah).

Aji : “Alah Yaaaa…, semangkuk ae lo. Diet to qm? Guayane”

Q : “q lak malem g bisa makan Yu (dalam hati : apalagi mie dan bakso), teh anget bae”

Aji : “Pangsit 1, teh hangat 2 Bang”

Penjual Pangsit : “Ok”

Tidak lama kemudian, ada cewek yg tiba2 nyelonong masuk warung. Kayaknya ketakutan. Waktu itu jam 00.30. dari mana tu cewek malem2 gini.

Cewek xxx : “Bang, numpang y… q takutttt”

Penjual Pangsit : “Oke Neng”

Tidak lama kemudian, muncul rombongan laki-laki lewat warung sambil tengak tengok kanan kiri. Skitar 6 orang. Tidak lama kemudian, cewek itu tny ke penjual bakso.

Cewek xxx : “Bang, mayatnya dah dikubur apa belum?”

Penjual Pangsit : “Belum neng, bsk nguburnya”

Cewek xxx : ekspresi lega, sambil elus2 dada. “Ya udah bang, makasih y….”, sambil nyelonong keluar warung

Owalah Mbakkkk, ternyata takut ma orang yg meninggal y, hehe

Akhirnya q dan Aji balik ke kost. Sesampainya di kost Aji, lngsng istirahat. Q menyalakan alarm HP jam 04.30. --------------------

BTW, ini kapan y belajar q?? Kn minggu ujian… Halaaah, g perlu belajar. Kn sebelumnya dh belajar. Mendekati hr H iku y nyantai2, g perlu menyibukkan diri u/ belajar.

Alarm berbunyi, bergegas sholat subuh trus mandi. Beli makan, prepare dikit wat persiapan wawancara (*belajar dikit terkait karya ilmiah yg dh tak buat, review ulang)

Jam menunjukkan pukul 07.20.

Q : “Yu, ayo berangkat”

Aji (Wahyu) : “Ok Ya’…’

Ambil motor, trus ke gedung FEB u/ test. Sesampainya d sana, ada yg menawari alas ujian dr kayu. Bingung beli pa gk, y wes akhirnya tak putuskan wat beli ae. Itung2 kasih rejeki ke orang ^^

Masuk, liat2 pengumuman wat mastikan lokasi ujian q. Akhirnya, di FEB ruang 201!!!

Jam 07.45 sudah dimulai, untung datang lebih awal (padahal lo d jadwal jam 08.00)

Tak liat2 sekeliling, kebanyakan udah tua2. Kayaknya q paling muda ini, hehe

Seelah ngisi biodata, teeeeeeeeeeeeeeT bel berbunyi --tanda dimulai mengerjakan soal—Diawali dr TPA. Ada soal tentang padan kata dr GAL4u, q bingung jawab apa. Mikir2 ampe 1 menit masi blm jwb, y wes tak awur. Haha. Soal TPA lumayan mudah sh, yg inggris lumayan sulit dikit. Hehe.. Stelah selesai, disuruh keluar dan menuju ruang wawancara. Q cari2 tempat wawancara. E ternyata ada di ruang 207!!! Dengan pewawancara dr. Sri MCN (Master of Community Nutrition mungkin). Kayaknya q tahu ni orang. Sbelumnya q pernah main2 ke UNAIR dan bertemu beliau.

Setelah tahu ruangan dan penguji, langsung cabut ke masjid kampus B. Ambil wudhu biar lebih segar dan tenang. Habis wudhu, kembali ke tempat wawancara. Nunggu lama bgt… (banyak minum, “kebelet” pipis juga, nahan “pipis”… takutnya wkt ke belakang, q dipanggil., Y ditahan aja sementara. Akhirnya……………. giliran q!! :

Penjaga “gawang” (a.k tukang panggil peserta wawancara) memanggil nama q.

Penjaga gawang : “Bapak Arya Ulilalbab…, silahkan”

Q : dalam hati,,,, Kok bapak sh??? L.. Protessss!!!!

-----

Bu Sri : “Dik, tlng diisi dl biodata ini”

Q : “iya Bu…,” sambil ngisi2.

Bu Sri : “Dr mana Dik?”

Q : Binging, dr mn maksudx apa y… tinggal q apa kampus q dl. “Kampus saya dulu Bu? Saya dr Ilmu dan Teknologi Pangan Brawijaya, lulusan 2008”

Bu Sri : manggut2, “Pertanian y?”

Q : “Bukan Bu, saya Ilmu dan Teknologi Pangan, fakultasnya Teknologi Pertanian (dengan penekanan, Teknologi Pertanian)

Bu Sri : “Biaya kuliah dr mana?”

Q : bener2 bingung, tp dengan sekejap langsung tak jawab (untung wkt itu q gk polos2 amat. Kl polos, tak jawab dr ortu, secara kn blm dapat beasiswa). “Beasiswa Bu, kebetulan dikti mengeluarkan beasiswa penuh. Jadi sistem pendaftarannya setelah diterima di sini dan system beasiswa yaitu timbale baliknya ditempatkan dengan lama waktu n+1 tahun (n= lama study S2)”. Perlu diketahui tmn2, jawaban beasiswa lebih bisa diterima. Hal ini menandakan bahwa qt cerdik, pandai mencari peluang, sudah mandiri cz tidak melibatkan orang lain u/ pembiayaan study.

Bu Sri : “bagaimana kl ditempatkan di sorong?”, Ibu Sri sambil senyum J

Q : Mn itu sorong, g tahu. Haha… Tp PD ae jawab!!! “Ya dijalani Bu, mumpung masih muda”. Jawaban strategis juga menurut q. hehe

Bu Sri : “ada karya ilmiah? Cb lihat mn skripsi qm”…

Q : “Ini Bu skripsi saya”, sambil menyodorkan skripsi. Waktu ibunya lihat2 skripsi q, q juga mengisi wkt u/ ngomong. “Saya pernah ikut PKMP dikti, juara 1 inovasi pangan di UPH Jakarta, dan pernah ngirim 2 prelimenary proposal ke IFT USA”.

Bu Sri : “Pernah buat jurnal internasional?”

Q : “belum Bu…”, PD bngt Ibu tny gt (pikirku). Hehe. Mang saya tampang2 Profesor y Bu, masi umuran segini ditanya jurnal internasional. Boro2 internasional, nasional ae belum. Internasional dari Hongkong? Heheeee

Bu Sri : “Ini skripsi qm lumayan bagus, nanti minyak ikannya bisa dimanfaatkan u/ penderita gizi buruk di Negara kita. Qm lanjutkan y (kyk’e lanjut tesis maksudnya)”

Q : Jderrrrrrr! Maaf Bu, sudah sudah. Cukup skripsi aja penderitaan q L, thesis jngn ampe kayak skripsi. Haha. Tesis jngn ampe ky skripsi jare, hehe/. “Iya Bu, saya usahakan” (jawaban proposional juga). Jangan ampe jawab : maaf Bu, saya tidak mau melanjutkan penelitian ini, sudah. Cukup skripsi saja penderitaan q. Saya tidak mau tersiksa wakytu study master di sini, bla bla bla (PASTI GK BAKAL KETRIMA kl jawab gini)

Bu Sri : “Sumber minyak ikan di Indonesia banyak y? di mana?”, Ibu pasang tampang bener2 tidak tahu dan penasaran sumber minyak ikan di Indonesia

Q : Otomatis q bisa bngt jwb ini, hehe. Scr skripsi q, ambil minyak ikan y ambil ndiri. Jawaban tak jelaskan panjang lebar. dengna muka sok professional dan prihatin dengan permasalahan gizi di Indonesia. Berikut laporannya : “Di muncar Bu, banyak sekali limbah minyak hasil penepungan dan pengalengan dari ikan lemuru yang belum dimanfaatkan secara optimal sehingga ini sangat potensial untuk diproses menjadi konsentrat omega-3 yang mempunyai nilai jual tinggi. Dimana salah satu manfaat omega-3 yaitu untuk mencerdaskan otak sehingga apabila konsumsi omega-3 anak Indonesia tercukupi maka kedepannya secara tidak langsung diharapkan dapat menaikkan tingkat kecerdasan bangsa ”

Bu Sri : “ada yang ditanyakan ?”

Q : agak bingung, mau tanya apa…, kl gk tny gmn gt trus kl tny apa y yg ditanyakan. Akhirnya!!!

“Matrikulasinya dimulai kapan Bu? Bagaimana system pembayaran matrikulasi?”, mau gk mau tny sekedarnya.

Bu Sri : “Biasanya minggu ketiga bulan agustus, matrikulasi selama 2 minggu dan pembayarannya satu paket dengan daftar registrasi mahasiswa baru”

Q : Dengan modal penasaran dari gelar Ibu Sri yg awalnya Dr. dr. dan akhirnya MCN (Master of Community Nutrition kykx) maka q beranikan Tanya, tny agak ngawur, haha. “Ibu sebagai dosen tetap di FKM atau di FK y Bu?”

Bu Sri : lagi2 agak senyum “Saya dosen di sini dik, sejak awal sudah kontrak dengan FKM. Nanti yang ngajar magister, saya.. ”.

Beliau jawab sambil nulis form penilaian dr hasil wawancara q. Tak lihat, ada 5-6 kolom penilaian dan hanya 1 kolom yang bernilai 70, lainnya 90! Alhamdulillahhhh (dalam hati..). Ampe sekarang q masi bingung, poin apa y kira2 yg menyebabkan nilai q ada yg 70. *Prediksi q : q gk pake ikat pinggang dan baju dimasukkan (peserta lain hamper semua pakai ikat pinggang dan baju dimasukkan), rambut tetep gaya Mohawk (padahal kebanyakan peserta rambutnya klimis2 disisir rapi ke samping) dan sepatu sport (paling beda dengan peserta lain, g kepikiran “macak” sok resmi. Padahal hamper semua pakai pantofel) trus wkt itu gk pake minyak wangi lagi. Halaaaaaah, yg sudah biarlah berlalu. Nnt wkt kuliah di sana (AMINNN) tak “macak” klimis wes Bu, biar dikira q dosennya. Haha

Q : “yasudah Bu, terimakasih atas semuanya…. Selamat siang, assalamu’alaikum”, sambil pasang muka senyum.

YESSS, akhirnya selesai sudah keteganganku, saatnya nyantai dan memikirkan bisnis u/ kedepannya!

27 Komentar

zaa

pada : 10 March 2013


"Wah postingannya menarik.. kebetulan saya juga ingin mengikuti seleksi s2 di unair.. btw saya mau tanya, untuk tes bahasa inggrisnya itu isi tesnya apakah sama seperti tes toefl.. dan kalau iya, kira2 skor yang dibutuhkan untuk lulus berapa ya mas? Terimakasih.."


Arya Ulilalbab

pada : 18 March 2013


"Isinya lebih mendasar dibanding toefl, lebih banyak reading, grammar, structure, dan vocabulary. Tdk ada listeningnya. Btw, sampean mau ambil S2 jurusan apa di UNAIR? Untuk Skor, tidak diberitahu batasannya. Hasil tes potensi akademik dan tes bahasa inggris tidak diumumkan"


syarif

pada : 31 March 2013


"tq verry much...sangat membantu, kebetulan tahon ini mau lanjut di UNAIR, doakan ya moga bisa lulus TPA n Wawancara."


elsa

pada : 09 April 2013


"wah menarik juga. sya juga mau ambil S2 di Unair. apakah kemungikinan lolosnya besar. test TPA dengan B.ing disatukan atau secara terpisah? terima kasih"


Bethaly

pada : 13 April 2013


"saya bersyukur menemukan postingan ini karena kebetulan besok Minggu 14 April saya juga akan mengikuti tes s2 Media Komunikasi UNAIR..mohon doa ya senior :D"


Arya Ulilalbab

pada : 14 April 2013


"Elsa : Tergantung kouta, dan jumlah peminat. InsyaAllah kl S2 kemungkinan besar bs lolos (syarat administrasi perlu diperhatikan). TPA dan bhs. Ingg soalnya terpisah. Dl kl gk salah, TPA dl baru bahasa Ingg. Bethany : Semoga lolos dan lancar kuliahnya :)"


Arya Ulilalbab

pada : 14 April 2013


"Syarif : sama2, semoga bisa lolos tes dan kl sudah diterima kuliahnya lancar. Amin. . ."


Ridhoyanti Hidayah

pada : 15 April 2013


"mas Arya Ulilalbab akhirnya lulus tidak ?
"


Arya Ulilalbab

pada : 23 May 2013


"Alhamdulillah lulus, ini sudah semester 2 akhir :-)"


elsa

pada : 29 May 2013


"alhamdullillah sy lolos :-) sekrang galau masalah tmpt tinggal di sana, , ada rekomendasi dan info harga2nya :-):-) terima kasihh"


Arya Ulilalbab

pada : 30 June 2013


"Mbak Elsa : Selamat yaaaa Mbak..., btw ketrima jurusan apa?

Rekomendasi, bisa ke asrama UNAIR yg ada di kampus C. Harga lumayan terjangkau (kurang faham tepatnya berapa), fasilitas sip."


ROY

pada : 03 July 2013


"Mas Arya mau tanya nie.... pada form pendaftaran online ada permintaan jumlah karya ilmiah?? Apakah jumlah karya ilmiah itu kita masukin plus dengan skripsi kita ya? Mohon infonya dikarenakan q juga lagi daftar di UNAIR... tksh."


sendia

pada : 10 July 2013


"kebetulan saya mau ujian masuk s2..ada yg punya contoh soal untuk masuk s2 g ya?mohon bantuannya"


Arya Ulilalbab

pada : 22 July 2013


"Test secara umum sama, bahasa Inggris, test potensi akademik, dan wawancara. Bahasa Inggris bisa mempelajari buku TOEFL. Sekarang sudah banyak buku2 terkait persiapan masuk S2 (isinya bahasa Inggris semacam TOEFL dan soal potensi akademik semacam soal test IQ). Di gramedia bnyk. Ada contoh soal dan pembahasan"


Arya Ulilalbab

pada : 22 July 2013


"Roy : skripsi q dulu, tak masukne daftar karya ilmiah yg saya miliki"


Safrizal

pada : 22 February 2014


"kalau boleh saya minta, tolong kirimkan contoh soal bahasa inggrisnya ke e-mail saya, terima kasih."


chika

pada : 27 February 2014


"apa skripsinya dibawa waktu tes wawancara mas?"


Ika Ayu Lestari

pada : 13 March 2014


"mas arya, kebetulan thn ini aku jg mau ikut tes S2 Unair. yg mo tak tanya, wktu wawancara kan mas arya blg sumber dana dari beasiswa pdhal aslinya dari orang tua? lalu untuk beasiswa DIKTI sndiri biasanya diurus stlh kita diterima di unair atau bagaimn?
terimakasih,"


ibrah fastabiqi

pada : 31 March 2014


"wahh keren banget, aku besok tgl 6 juga tes di unair,.
info yang bermanfaat, semoga bisa menyusul S2 seperti pak Arya, eh mas arya maksudnya,hehehe"


Dhoni Akbar

pada : 05 April 2014


"Saya ada pertanyaan mas..
1. Perlu bawa papan yah?
2. Wawancara itu nanti kita tahunya ruangnya gmn?
3. Estimasi waktu TPA ama Inggrisnya berapa jam yah?
4. Setelah wawancara selesai kita sudah selesai kah? Bisa pulang atu harus nunggu ini itu?
"


rani

pada : 14 April 2014


"Sy dengar pke rekom wktu kita mendaftar, gmn tu kak? Trs klo kita blg biaya kuliah dari beasiswa padahal biaya sendri gmb?"


Lucky Setyorini

pada : 24 September 2014


"pagi.. mas arya..
tulisan anda sangat membantu mengurangi tingkat kecemasan saya saat mendekati pedaftaran S2 MM.. :)
saya mau menanyakan, syarat dokumen kan ada yang suruh bikin essay tentang "persoalan bisnis terbesar saat ini", mas-nya dulu bikinnya seperti apa ya? mohon bantuan karena belum ada gambaran sama sekali... thanks :)"


najib

pada : 02 October 2014


"Standar TOEFL untuk syarat masuk S2 kesehatan masyarakat di Unair berapa y...?"


Arya

pada : 26 October 2014


"Mas Najib : seleksi masuk program pasca sarjana di unair, tidak memakai toefl. Hanya TPA dan bahasa inggris tertulis. TOEFL digunakan sebagai syarat kelulusan. Di S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat, sampai saat ini syarat kelulusannya yaitu minimal TOEFL 475."


hanifa

pada : 27 October 2014


"wah menarik sekali ceritanya. kebetulan saya juga ingin melanjutkan study s2 di unair. klo boleh tau soal bahasa inggris dan tpa jumlahnya berapa ya? dan kira-kira selesainya pukul berapa? terima kasih"


Arya

pada : 28 October 2014


"Chika : Iya, dulu pas jamanku skripsinya dibawa. Dibuka buka oleh yang mewawancarai dan ditanyai seputar skripsi"


gigih

pada : 06 December 2015


"mohon doanya bang,saya besok mau test magister hukum unair"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :