Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Keamanan Susu Asam

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 12 October 2012
di Ilmu Pangan - 0 komentar

X : Ya, mnggu kmrn kan aq beli pasteurized milk, susu murni katanya. Aq simpen d kulkas, ternyata ga sampe 2 hari uda agak asem, ad gumpalan kecil2.

Katane temenku ga papa diminum, malah lbh baik, asal jgn smpe trlalu asam.

Bener ga se?

Y : Emang susu asam kebanyakan diidentikkan dengan yoghurt. Tp tidak sepenuhnya begitu. Susu pasteurisasi kn susu murni dengan pasteurisasi tanpa tambahan apapun (kecuali kl dh dikemas biasanya ditambah sedikit gula dan perasa). Jd lebih baik hindari susu asam dengan adanya gumpalan2 tsb. Kemungkinan bakteri pengasam susu qm adalah bakteri kontaminan. Berbeda dngn yoghurt yg memang sengaja ditambahkan bakteri fermentasi (streptococcus thermopilus dan lactobacillus bulgaricus) dimana bakteri tsb. tdk berbahaya dan malah bgs. wat pencernaan qt.

Lactobacillus bulgaricus dapat menyeimbangkan mikroflora (bakteri dlm usus) sehingga jumlah bakteri E. coli bisa terkontrol jumlahnya cz ditekan (diseimbangkan oleh bakteri baik itu). Gumpalan bisa disebabkan krn asam. Protein (dlm susu kn kandungan protein lumayan tinggi) kl terkena asam akan menggumpal. Pada yoghurt/ susu basi (asam), terjadi penggumpalan. Tp dlm yoghurt yang dijual di pasaran gumpalannya merata krn sudah dihomogenkan dengan homoginaizer

X : Yah, wis kadung ketelen Ya.....

Y : Gpp santai saja, orang Indonesia lebih kebal :-)

Buat pembelajaran supaya tidak terulang lagi

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :