Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Panduan Sehat Sebelum Mengkonsumsi Makanan

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 12 October 2012
di Kesehatan - 0 komentar

Dalam Ilmu dan Teknologi Pangan, Higienitas dan Sanitasi merupakan percabangan dari Mikrobiologi Pangan.
Hal ini sangat perlu diperhatikan karena terkait langsung dengan kesehatan.
Ada 2 macam higienitas, yg pertama higienitas diri (badan - tangan) dan yang kedua adalah higienitas makanan itu sendiri (mulai dari sortasi, pengolahan sampai penyajian).
Pada proses pengolahan di industri pangan, tidak jarang kita temui pegawai dalam keadaan bersih (mandi sebelum kerja), baju kerja bersih (warna putih, tiap 2 hari diganti), memakai "celemek", sarung tangan dan penutup kepala (rambut) supaya kuman pada tangan dan rambut tidak mengkontaminasi makanan sewaktu produksi. Cincin dan jam juga harus dilepas waktu kerja.
Selain itu, apabila pekerja dalam keadaan sakit (flu, batuk) bahkan diare diharapkan tidak masuk. Open recruitmen pegawai pada perusahaan makanan (terutama bagian produksi) diwajibkan tes rectal swab (colok dubur; biasanya pakai semacam cotton bud yg sebelumnya dicelupkan pada " cairan pepton"). Hal ini untuk mengantisipasi apakah seseorang yg akan bekerja di processing menderita penyakit diare atau tidak.
Selanjutnya, apabila mau bersih tangan (cuci tangan) para pekerja harus menggunakan kran dimana kran tersebut menyalakannya dengan kaki (kaki kiri untuk air panas, kaki kanan untuk air biasa/ dingin). Atau kalau tidak begitu dengan kran sensor. hal ini dikarenakan apabila setelah pemakaian, kita memutar kran untuk mematikan kran, dikhawatirkan masih ada bakteri dari "gagang" kran yang menempel di tangan.

Berikut tahapan higienitas diri (tangan) :
1. basuh air dengan tangan + sabun
2. Cuci telapak tangan dengan teliti
3. Cuci sela2 jari tangan (biasanya kuman dan kotoran ada pada daerah tersebut)
4. Bilas dengan air bersih
5. Nikmati makanan dengan nyaman (jngn lupa berdo'a) ^^

Kl TIDAK CUCI TANGAN bisa menyebabkan DIARE


Sumber :
http://www.youtube.com/watch?v=hj_534AU61ga

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :