Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Kebiasaan Sehat

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 12 October 2012
di Kesehatan - 2 komentar

Pada dasarnya, antara kesehatan, kebiasaan (olahraga dan aktivitas lain) serta makanan sangat erat kaitannya. Kesemuanya itu tidak dapat dipisahkan untuk mendapatkan tubuh yang proporsional sesuai yang kita inginkan.

Berikut hal yang tidak boleh kita tinggalkan dalam keseharian :

1. Minum
Manusia setidaknya minum air putih sekitar 1,5 l (8 gelas ukuran sedang). Tanda alami apabila kekurangan air : semakin pekat (viskositas/ kekentalan dan warnanya -> semakin kuning atau bahkan menekati orange kecoklatan). Bisa dilihat di tempat dengan pencahayaan terang dan water closet yang putih bersih.
Akibat : Kekurangan air dalam jangka waktu yang panjang dapat mengakibatkan gangguan ginjal (bisa sampai gagal ginjal). Hal ini dikarenakan apabila kekurangan air, kekentalan darah akan semakin meningkat dan memperberat kinerja ginjal.

2. Olahraga/ gerak
Olahraga sangat penting untuk memperlancar metabolisme tubuh dan mengeluarkan sebagian racun dalam tubuh dengan perantara keringat. Waktu yang cocok untuk olahraga yaitu pagi hari (jam 06.00 - 09.00). Sinar matahari di pagi hari dapat memberikan asupan vitamin D secara tidak langsung. Sore bisa mencoba untuk berenang, karena renang dapat menggerakkan seluruh anggota tubuh (olahraga yang bagus untuk orang yang ingin mempunyai tubuh ideal/roporsional).

3. Sarapan
Walaupun qt diet atau apalah, jngn sampai melupakan sarapan. Karena ini merupakan sumber energi pertama untuk aktivitas selanjutnya.

4. Jangan merokok dan minum minuman keras
Bahaya bngt, karena bnyk zat2 berbahaya dalam barang tersebut. Jelas2 d rokok tertulis merokok dapat menyebabkan serangan jantung, kanker, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Tetapi kok tetap aja bnyk orang yang merokok y??? Ini tentunya aneh, iklan pada kemasan yang notabene menonjolkan kelemahan barang tersebut malah laris. Bahkan suplemen atau makanan kesehatan yang jelas2 bgs u/ tubuh kalah pasaran dengan rokok.

5. Jangan lupa konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur banyak mengandung mikronutrien (vitamin dan mineral) yang tentunya sangat dibutuhkan untuk kelancaran metabolisme, ex. pembentukan energi.

6. Kurangi makanan yang berlemak (biasanya dari hewan)
Makanan yang berlemak pada umumnya banyak mengandung kolesterol. Hal ini dapat dikurangi efeknya dengan mengkonsumsi lemak/ minyak baik. Lemak/ minyak yang baik salah satunya yaitu minyak zaitun dan lemak yang ada pada buah alpukat.
Kolesterol : dapat menghambat aliran darah dengan membentuk flek pada dinding pembuluh darah, tekanan darah naik, jantung bekerja keras, pembuluh darah bisa pecah -> stroke.


Menu :
pagi : buah, jeruk hangat, nasi/ roti, telur dan tempe/ daging rendah lemak (bagian dada), sayur ("kulupan")
antara pagi dan siang : camilan sehat (searching di internet)
siang : nasi, tahu dan tempe/ ikan (laut/ payau/ sungai), sayur bening
antara siang dan sore : teh
sore (usahakan maksimal makan malam jam 18.30) : nasi, sayur buncis dan wortel/ opor ayam/ ayam goreng/ tempe goreng, susu

Nb. :
Teh : sebaiknya 1,5 jam sebelum atau sesudah makan
Ikan : bagian kepala ikan tidak baik untuk kesehatan
makan setelah jam 18.30 : dapat mengurangi penyerapan nutrisi2 penting, metabolisme makanan tidak maksimal
Kl ingin tinggi : olahraga yg dianjurkan yaitu renang dan basket
Kl ingin berat badan tidak bertambah/ melebar : perhatikan pola makan, kalau memilih baju/ beli baju baru hindari ukuran yang lebih besar dari sebelumnya.

Semoga bermanfaat...........

2 Komentar

obat cepat langsing

pada : 22 December 2012


"artikelnya sangat bermanfaat, thanks yah"


tika

pada : 12 May 2015


"Nice, artikel ini tentunya sangat bermanfaat.. makasih ya"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :