Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

1000mg Vitamin C

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 12 October 2012
di Gizi - 0 komentar

Permasalahan mengenai dosis 1000mg vitamin C perlu dikaji lebih lanjut.
Bagaimana tidak, kebutuhan vitamin C manusia sebenarnya hanya berkisar 100mg setiap hari untuk memenuhi 100% kebutuan harian. Kebutuhan ini sebagian sudah disuplai dari makanan pokok (nasi, sayur dan lauk). Apalagi ditambah makan buah jeruk + jeruk hangat...

Jadi saya rasa suplemen vitamin C tidak terlalu dibutuhkan, kecuali dalam kondisi tertentu. Misalnya setiap hari mengkonsumsi makanan rendah vitamin C ditambah lagi minum teh dimana teh mengandung zat penghambat penyerapan vitamin C, kalsium, protein dan zat besi.
Selain itu, penyerapan juga dipengaruhi oleh kondisi genetik maupun fisiologis tubuh manusia karena pada dasarnya setiap manusia memiliki kondisi tubuh yang berbeda.

Kalaupun kekurangan vitamin C, kita tidak memerlukan asupan suplemen sebanyak itu (1000mg). Kita asumsikan, kita memerlukan 100% kebutuhan vitamin C. Kalaupun dalam kondisi khusus (waktu itu sering makan makanan rendah vitamin C dan mengkonsumsi makanan/ minuman yang mengandung penghambat penyerapan vitamin C) bisa 250mg lah maksimal (sudah termasuk beberapa % hilang karena dihambat oleh tanin dan zat antinutrisi lain). Dari 1000mg - 250mg = 750mg.

Lalu, 750mg tu buat apa??
Itulah yang perlu kita pertanyakan. Mubadzir kan kalau dibuang...
Soalnya tubuh tidak bisa menyimpan vitamin C seperti halnya lemak.

Terus bagaimana solusinya?
Kita bisa mengakali, dengan mengkonsumsi 1/4 bagian suplemen tersebut.
Perlu diketahui, apabila kita mengkonsumsi 1000mg dan yang 750mg vitamin C tidak dibutuhkan tubuh, tentunya ginjal juga akan memproses zat tersebut dengan tenaga ekstra. Lama-lama, kemungkinan ginjal akan berkurang fungsinya karena sebelumnya tenaganya telah diforsir,,,

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :