Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Food Yes! Goodbye Medicine

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 12 October 2012
di Kesehatan - 0 komentar

Dua tahun yang lalu, hampir dua bulan sekali saya terjangkit penyakit flu. Entah apa sebabnya sehingga penyakit ini rutin menghampiriku. Tidak disadari, lama-lama dosis obat semakin bertambah karena dengan dosis sebelumnya tidak cukup untuk menghambat kinerja virus influenza.
Alhamdulillah setahun belakangan jarang sekali sakit. Selidik punya selidik, penyakit tidak berani menyerang setelah saya brusaha memulai gaya hidup sehat dengan pola makan yang baik dan memulai sedikit aktivitas olahraga...

Coba amati, sebenarnya tubuh kita memberikan sinyal yang memberitahukan zat apa yang diperlukan tubuh saat itu. Kepekaan ini bisa dilatih, gambarannya sama dengan saat kita lapar dan haus. Kepekaan mengenai lapar dan haus lebih besar, karena karbodidrat dan air merupakan komponen utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Semakin kecil komponen yang dibutuhkan tubuh, maka semakin kecil sinyal pemberitahuan tentang hal itu.

Dengan adanya sinyal pemberitahuan tersebut, otomatis kita akan berfikir dan berusaha untuk memenuhi "permintaan" tubuh sehingga tubuh dapat menjalankan metabolisme sebagaimana mestinya. Dengan terpenuhinya kebutuhan tubuh secara optimal, maka secara tidak langsung akan memperkuat sistem imun. Kuatnya sistem imun seseorang akan menghambat suatu penyakit untuk menyerang kita dikarenakan tubuh kita sudah mempunyai "tameng".

Indah bukan?
Mencegah lebih baik daripada mengobati, solusinya dengan memperhatikan gaya hidup sehat (makan + olahraga yang cukup). Selamat membuktikan!

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :