Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Sirup

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 15 October 2012
di Ilmu Pangan - 0 komentar

Sirup merupakan minuman yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, hal ini karena kemudahan dalam menyajikannya. Sirup merupakan larutan gula pekat  yang digunakan sebagai bahan minuman dengan atau tanpa ditambahkan asam (antara lain asam sitrat, asam tartarat dan asam laktat) juga aroma dan zat warna (Hadiwijaya, 2002).

Sirup tergolong jenis minuman ringan, tetapi lebih berupa cairan kental yang terbuat dari larutan gula. Untuk mendapatkan kelezatan dan sedapnya aroma biasanya orang masih memberi bahan penambah rasa, zat pewarna, serta berbagai zat lain yang menarik selera. Sirup tidak langsung diminum begitu saja karena rasanya terlalu manis karena cairan ini terdiri atas larutan gula kental lebih dari 55%. (Haryoto,1998).

Standar mutu untuk sirup berdasarkan SSI (Haryoto,1998) adalah mengandung gula (jumlah sukrosa dan gula invert yang dihitung sebagai sukrosa) 65% untuk mutu I, 60-65% untuk mutu II, dan 55-60% untuk mutu III, mengandung zat warna dan pengental yang diperbolehkan untuk makanan, tidak menggunakan pemanis buatan (sakarin, dulcin, garam-garam siklamat), bahan pengawet asam benzoat (garam-garam Na/K) maksimum 250 mg/Kg (dihitung sebagai asam benzoat). Asam salisilat dan logam-logam berbahaya (Cu, Hg, Mg, Pb/As) negatif, jamur dan ragi serta bakteri golongan coli negatif.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Haryoto. 1998. Sirup Jahe. Kanisus. Yogyakata 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :