Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Komposisi Kimia Ikan Lemuru

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 16 October 2012
di Ilmu Pangan - 1 komentar

Produksi penangkapan ikan lemuru di daerah Muncar, 40% digunakan untuk pengalengan, 50% untuk penepungan, dan 10% untuk lain-lain. Dari Industri pengalengan dan penepungan di daerah Muncar dihasilkan limbah cair yang berupa minyak ikan berturut-turut sebanyak 5% dan 10% dari bahan baku (Yunizal, 2002). Komposisi ikan lemuru dapat dilihat pada Tabel 6.

Tabel 6. Komposisi ikan lemuru per 100 gram bahan

Komposisi

Kadar

Air (g)

76

Protein (g)

20

Lemak (g)

3

Karbohidrat (g)

-

Kalsium (mg)

20

Fosfor (mg)

100

Besi (mg)

1

Vitamin B1 (mg)

0,05

Vitamin A (SI)

30

Energi (Kal)

112

Berat yang bisa dimakan (%)

80

Sumber : Hendrasaputra (2008)

 

Ikan lemuru merupakan salah satu jenis ikan tropis yang mengandung komponen asam lemak omega-3 dalam jumlah yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan ikan lemuru di alam banyak memakan plankton-plankton maupun mikro alga yang banyak memproduksi komponen asam lemak omega-3. Ikan lemuru mengandung 13,7% EPA, 8,9 DHA dan 26,8 % total omega-3 dari total minyak (Estiasih, 2009).

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Estiasih, T. 2009. Minyak Ikan Teknologi dan Penerapannya untuk Pangan dan Kesehatan. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Hendrasaputra, D. 2008. Optimasi Proses Kristalisasi Urea pada Pembuatan Konsentrat Asam Lemak Omega-3 dari Minyak Hasil Samping Penepungan ikan Lemuru (Sardinella longiceps). Skripsi. Jurusan Teknologi Hasil Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang

Yunizal, J. T., Murtini, Suparno, S. Saleh, M. Tampubolon, Y.N. Fawzya, H.E. Irianto, T.D. Suryaningrum, N. Hak, B. Purdiwoto, dan Sabarudin. 1996. Penelitian Teknologi Pengolahan Konsentrat Asam Lemak Ѡ-3 dari Hasil Samping Pengalengan dan Penepungan Ikan Lemuru (Sardinella longiceps). Laporan teknis balai Penelitian Perikanan Laut. Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan. Jakarta

1 Komentar

Yosep Didik Hernanto

pada : 29 April 2013


"Sangat bagus dan selebihnya perlu dikembangkan membuat kerupuk ikan yang original sehingga memberikan nilai manfaat dan mengangkat UKM setempat untuk menumbuhkan perekonomian mereka meningkat. Buatlah resep kerupuk ikan yang super enak."


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :