Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Kristalisasi Pelarut Suhu Rendah

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 16 October 2012
di Teknologi Enzim, Fisik dan Kimia - 0 komentar

Fraksinasi dengan metode kristalisasi pelarut merupakan suatu proses pemisahan yaitu minyak atau lemak akan dikristalkan secara selektif dan fase cair yang tertinggal akan dipisahkan melalui penyaringan atau sentrifugasi. Kristalisasi pelarut merupakan metode yang paling sesuai karena mampu menghasilkan konsentrat yang lebih murni (Krishnamurthy and Kellens, 1995).

Kemampuan asam lemak untuk mengkristal terutama dipengaruhi oleh suhu. Pada suhu rendah asam lemak jenuh akan mengkristal, sedangkan asam lemak tak jenuh tetap cair dan berada di dalam pelarut. Semakin rendah suhu yang digunakan semakin selektif proses pemisahan sehingga jika teknik kristalisasi pelarut diterapkan untuk membuat konsentrat omega-3, suhu yang digunakan harus suhu yang sangat rendah dibawah -40°C. Pada suhu ini asam lemak selain asam lemak omega-3 akan mengkristal dan asam lemak omega-3 tetap cair sehingga terkonsentrasi dalam pelarut (Estiasih, 2009).

Hasil penelitian Ahmadi (2006) menunjukan bahwa kondisi proses kristalisasi pelarut suhu rendah yang menghasilkan respon dengan kadar EPA+DHA yang optimum pada pembuatan minyak kaya asam lemak omega-3 adalah rasio pelarut : minyak (5,94 : 1) dan lama kristalisasi 35,96 jam dengan kadar EPA+DHA dalam minyak kaya asam lemak omega-3 sebesar 38,29%. Tingkat pengayaan EPA+DHA dari minyak asal, yaitu minyak hasil samping pengalengan ikan lemuru adalah 1,84 kali.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Ahmadi, K. 2006. Optimasi Kristalisasi Pelarut Suhu Rendah Pada Pembuatan Minyak Kaya Asam Lemak Omega-3 Dari Hasil Samping Pengalengan Lemuru (Sardinella longiceps). Laporan Penelitian Dosen Muda.

Estiasih, T. 2009. Minyak Ikan Teknologi dan Penerapannya untuk Pangan dan Kesehatan. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Krishnamurthy, R, M Kellens. 1995. Fractionation and Winterization. Dalam Y-H Hui (ed.). Bailey’s Industrial and Fat Products. Edisi ke-5. Vol. 4. Edible Oil and Fat Products : Processing Technology. New York: John Wiley & Sons.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :