Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Reaksi Asidolisis

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 17 October 2012
di Teknologi Enzim, Fisik dan Kimia - 0 komentar

Asidolisis merupakan reaksi pertukaran asam lemak antara trigliserida dengan asam lemak bebas membentuk trigliserida dengan komposisi asam lemak yang baru dan asam lemak bebas hasil hidrolisis dari trigliserida asal (Estiasih, 2009). Asidolisis telah digunakan untuk menggabungkan asam lemak bebas atau etil ester dari EPA dan DHA kedalam minyak nabati dan minyak ikan untuk meningkatkan nutrisinya. Untuk mendapatkan konsentrat EPA dan DHA dalam minyak ikan dapat dilakukan beberapa cara seperti distilasi molekuler, winterisasi dan kristalisasi pelarut (Weete dalam Akoh dan Mi, 1988).

Produksi diasilfosfolipid dengan strukturisasi komposisi asam lemak (fosfolipid terstruktur) dapat dilakukan dengan satu tahap, melalui reaksi asidolisis atau pertukaran ester-ester. Alternatif lainnya, reaksi dapat dilakukan dengan dua tahap, pertama menghilangkan asam lemak dengan hidrolisis atau alkoholisis, diikuti dengan esterifikasi kembali dari fosfolipid. Pada reaksi satu tahap, komposisi asam lemak dari produk akan berupa campuran dari asam lemak asalnya dengan asam lemak yang disatukan. Pada reaksi dua tahap, sangat mungkin untuk mengisolasi lisofosfolipid sebelum reaksi esterifikasi dilakukan, sehingga memberikan produk akhir dengan kemurnian yang tinggi. Pendekatan yang umum digunakan untuk reaksi pertukaran asam lemak pada posisi sn-1 adalah reaksi asidolisis menggunakan enzim lipase, dan pendekatan hidrolisis atau esterifikasi kembali umumnya dilakukan untuk pertukaran asam lemak pada posisi sn-2 menggunakan enzim fosfolipase A2 (Vikbjerg, 2006).

Enzim yang dapat menggunakan fosfolipid sebagai substrat alami dikenal dengan sebutan fosfolipase, dapat menghidrolisis molekul fosfolipid  (Vikbjerg, et al. 2005). Fosfolipase A1 dan fosfolipase A2 tergolong hidrolase asam lemak, yang dapat menghirolisis ikatan ester asam lemak pada masing-masing posisi sn-2 dan sn-3 dari fosfolipid. Selain fosfolipase, enzim lainnya yang dapat digunakan untuk strukturisasi fosfolipid-asam lemak adalah lipase sn-1,3 yang bereaksi dengan asam lemak pada posisi sn-1 dari fosfolipid (Vikbjerg, 2006).

Reaksi asidolisis enzimatis dengan lipase berlangsung dalam 2 tahap, yaitu hidrolisis dan diikuti dengan esterifikasi. Pada tahap hidrolisis akan dihasilkan produk Lysofosfatidilkolin (LPC) yang akan menjadi reaktan pada proses esterifikasi berikutnya. Terbentuknya LPC menyebabkan terjadinya migrasi asil dan pembentukan produk samping yang dapat menurunkan rendemen dan kemurnian fosfolipid terstruktur yang terbentuk (Adlercreutz, et al. 2004). Migrasi asil yang merupakan suatu rekasi non-enzimatis dapat terjadi karena senyawa 2-asil-LPC yang terbentuk pada tahap hidrolisis bersifat tidak stabil dan akan mencapai kestabilannya dengan membentuk senyawa 1-asil-LPC melalui pertukaran gugus asil. Selanjutnya akan dihirolisis kembali oleh lipase menghasilkan gliserolfosforilkolin (GPC) (Haraldsson and Thorarensen, 1999). GPC dapat terasilisasi kembali dengan asam lemak yang baru pada posisi sn-1. Jika gugus asil tersebut mengalamai migrasi kembali pada sn-2, sehingga terbnentuk PC dengan asama lemak baru pada kedua posisinya (Adlercreuz,et al. 2002).

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Adlercreutz, D. And Wehtje, E. 2004. An Enzymatic Method for the Synthesisi of Mixd-Acid Phosphatidilcholine. JAOCS., 81(6):553-557.

Akoh, C. C dan Min, D.B. 1988. Food Lipids : Chemistry, Nutrition, and Biotechnology. Marcel Dekker Inc. New York

Estiasih, T. 2009. Minyak Ikan Teknologi dan Penerapannya untuk Pangan dan Kesehatan. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Haraldsson, G. G. And Thorarensen, A. 1999. Preparation of Phospholipids Highly Enriched with n-3 Polyunsaturated Fatty Acids by Lipase. JAOCS., 76 (10) : 1143-1149

Vikbjerg, A.F., Mu, H. And Xu, X. 2005. Lipase Catalyzed Acyl Exchange of Soybean Phosphatydilcholine in n-hexane: A Critical Evaluation of Both Acyl Incorporation and Product Recovery. J. Biotech., 21:397-404

Vikbjerg, A. F. 2006. Enzyme Catalyzed Production of Phospholipids with Modified Fatty Acids Profile. PhD Thesis. BioCentrum-DTU. Technical University of Denmark

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :