Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Sawi

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 17 October 2012
di Hewan dan Tumbuhan - 0 komentar

Sawi merupakan sayuran daun, dikenal oleh petani sebagai sawi hijau atau sawi bakso. Jenis sayuran ini mempunyai bentuk mirip caisin, bedanya ialah tangkai daun panjang, daun tanaman lebar berwarna hijau tua, tidak berbulu dan rasanya agak manis (BPTP, 2005).

Pada dasarnya ada tiga jenis sawi, yaitu : 1). Sawi putih, berbatang pendek, daunnya lebar berwarna hijau tua, halus tangkai panjang, dan bersayap merupakan jenis sawi yang paling banyak dikonsumsi sebagai sayuran segar, karena rasanya paling enak diantara jenis sawi lainnya. Sawi jenis ini dapat hidup dilahan kering, 2). Sawi hijau, berbatang pendek, daun lebar tetapi tidak bersayap, berwarna hijau keputih-putihan, rasanya agak pahit. Sayuran ini banyak dibudidayakan dilahan kering dengan pengairan yang cukup, 3). Sawi huma, berbatang tinggi kecil, daunnya panjang berwarna hijau keputih-putihan, dan bersayap, rasanya juga enak. Jenis ini akan tumbuh baik jika ditanam ditempat yang agak kering atau ditegalan. 4). Sawi daging, berbatang pendek, daun lebar dan bersayap, berwarna hijau, rasanya manis. Dan merupakan Kerabat dekat dari Sawi putih, Kol rabi, Brokoli, Kubis, Kembang kol, Sawi hijau, Rutabaga, Kol rabi, Kol tunas, Kol keriting, .sawi hitam (BPTP, 2005).

 

Panen dan Pasca panen sawi

  • Tanaman sawi dapat dipanen 40-50 hari dari umur semai, 
  • Ada beberapa cara yang dilakukan untuk memanen sawi, yaitu mencabut seluruh   tanaman, memotong pangkal batang, dan ada juga yang memetik daunnya satu per satu,
  • Segeralah hasil panen dibawa ketempat teduh agar tidak cepat layu karena terkena sinar matahari , 
  • Lakukan pembersihan dengan cara memotong bagian yang tidak penting atau membuang tanah yang ikut pada sawi tersebut, kemudian dicuci untuk memperpanjang kesegaran sawi,
  • Lakukan sortasi  dengan cara membuang sawi yang kurang baik dan kotoran gulma lainnya,
  • Susunlah sawi yang telah disotir dengan posisi berdiri, dan jangan terlalu rapat,
  • Lakukan percikan air secukupnya untuk menghindari kelayuan dan siap untuk dipasarkan.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

BPTP Jakarta. 2005. Teknologi Produksi Sayuran Sawi. . http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional. Tanggal akses 14 Juni 2010.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :