Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Metode Dekafeinasi Kopi

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 18 October 2012
di Teknologi Enzim, Fisik dan Kimia - 0 komentar

Metode dekafeinasi dapat dilakukan dengan beberapa metode, diantaranya yaitu :

  • dengan air (Swiss Water Process). Proses ini menggunakan pelarut berupa air panas sehingga mudah dilakukan. pada proses ini diperoleh biji kopi bebas kafein 97% namun kekurangan dekafeinasi dengan menggunakan pelarut air panas adalah kehilanagn flavor kopi pada kopi yang dihasilkan.
  • dengan pelarut kimia (Chemical Solvent Process). penggunaan pelarut etil asetat karena pelarutan etil asetat lebih mudah dalam pengendalian prosesnya, laju pelarutan kafeinnya lebih cepat dibandingkan dengan pelarut air, mutu produk akhir yang dihasilkan juga sesuai dengan persyaratan kopi terdekafeinasi dan dapat diterima konsumen.
  • dengan karbondioksida superkritis (Supercritical Carbondioxide Process). Karbondioksida superkritis ialah senyawa karbondioksida yang berada diantasa fase gas dan fase cair karbondioksida sehingga karbondioksida ini mampu untuk melarutkan atau membawa bahan lain (kafein). digunakan karbondioksida supekritis karena sifatnya sebagai pelarut yang tidak dapat teroksidasi, sifatnya yang tidak berbahaya. proses ini yang paling banyak digunakan untuk proses dekafeinasi kopi saat ini.
  • dengan minyak bunga matahari (Sunflower oil Solvent Process). metode dekafeinasi menggunakan minyak bunga matahari sebagai pelarutnya. Minyak bunga matahari  digunakan dalam proses ini karena sifatnya yang non-toksik, lebih murah, dan ramah lingkungan mengingat bahwa penggunaan pelarut kimia yang dapat meninggalkan residu pada produk sehingga berpengaruh terhadap kesehatan.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :