Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Cuka Rosella Sebagai Minuman Kesehatan

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 18 October 2012
di Ilmu Pangan - 2 komentar

Rosella (Hibiscus sabdariffa Linn.) adalah tanaman dari keluarga sejenis kembang sepatu. Konon tanaman ini berasal Afrika dan Timur Tengah. Tanaman perdu ini bisa mencapai 3-5 meter tingginya. Jika sudah dewasa, tanaman ini akan mengelurakan bunga berwarna merah. Bagian bunga dan biji inilah bermanfaat baik untuk kesehatan.

Tanaman Rosella memiliki lebih dari 300 spesies yang tersebar pada daerah tropis dan non tropis. Biasanya, digunakan sebagai tanaman hias dan beberapa diantaranya dipercaya memiliki kasiat medis, salah satu diantaranya adalah rosella merah atau rosella (Hibiscus Sabdariffa).

Dari penelitian terbukti bahwa kelopak bunga Roselle mempunyai efek anti-hipertensi, dan anti infeksi-bakteri. Dalam eksperimen ditemukan juga bahwa ekstrak kelopak bunga Roselle mengurangi efek alkohol pada tubuh kita, mencegah pembentukan batu ginjal, dan memperlambat pertumbuhan jamur/bakteri/parasit penyebab demam tinggi. Kelopak bunga Rosella juga diketahui membantu melancarkan peredaran darah dengan mengurangi derajat kekentalan darah. Ini terjadi karena asam organic, poly-sakarida dan flavonoid yang terkandung dalam ekstrak kelopak bunga Roselle sebagai Farmakologi. Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah kelopak bunga Roselle mengandung vitamin C dalam kadar tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia terhadap serangan penyakit.

Cuka rosella merupakan produk baru dengan cara fermentasi. Kalau biasanya bunga rosela dibuat menjadi jeli, saus, teh, sirup, dan manisan, maka yang satu ini beda. Mengolah rosella menjadi cuka mungkin belum banyak kita dengar, bahkan tidak ada. Bisa dibilang, teknologi fermentasi pengolahan bunga rosella menjadi cuka merupakan inovasi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. Pertanyaannya adalah kenapa mesti difermentasi, bukankah untuk menikmati rosella cukup mudah, tinggal diseduh dengan air panas langsung jadi dan siap untuk diminum.

Banyak keuntungan yang bisa diambil dari produk makanan yang difermentasi baik dari sifat-sifat organoleptik (indrawi) misalnya memberikan penampakan, dan cita rasa yang khas, peningkatan nilai gizi karena mikroba bersifat memecah senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana ataupun sanitasi. Fermentasi juga berfungsi untuk mengawetkan dan sekaligus menurunkan senyawa beracun..

Oleh karenanya, produk cuka rosella ini menurut kami sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan seperti apa yang telah diklaim pada produk tersebut bahwa cuka rosella berguna untuk pengobatan dan pencegahan berbagai macam penyakit.

2 Komentar

wati

pada : 16 March 2013


"Bagus...saya izin ya artikelnya akan saya jadikan tambahan rujukan tentang Rosella untuk proposal PKM.Terima kasih sebelumnya."


Arya Ulilalbab

pada : 18 March 2013


"Oke, semoga bermanfaat :)"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :