Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Industri Jasa Boga

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 21 October 2012
di Ilmu Pangan - 0 komentar

Ciri khas industri jasa boga adalah bahwa makanan dan minuman yag disajikan tidak dimasak ditempat yang sama dengan tempat makanan dihidangkan. Oleh karen itu, jasa boga diartikan sebagai usaha yang dilakukan oleh perorangan atau oleh badan usaha untuk menyediakan makanan yang disajikan di luar tempat usaha itu berada dan atas dasar pemesanan (Moehyi, 1992).

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No.712/Menkes/Per/X/66 tentang persyaratan umum bagi penyelenggaraan usaha jasa boga, maka usaha jasa boga penerbangan termasuk ke dalam golongan C, yaitu usaha jasa boga yang melayani kebutuhan makanan bagi alat angkutan internasional, baik melalui laut maupun udara, yang menggunakan dapur khusus dan mempekerjakan tenaga kerja. Dalam peraturan menteri kesehatan tersebut juga tercantum persyaratan umum usaha jasa boga, ketentuan tentang lokasi penyelenggaraan, syarat bangunan dan fasilitas, persyaratan kesehatan makanan, pengolahan serta penyimpanan makanan.

Fungsi utama suatu industri jasa boga adalah untuk menyelamatkan, menyebarluaskan, dan meningkatkan nilai tambah produk–produk hasil pertanian secara efektif dan efisien (Wirakartakusumah dan Syah, 1990).

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Moehyin, Sjahmien, Bsc. 1992. Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga. Penerbit Bhratara. Jakarta

Wirakartakusumah, M.A.dan Dahrul Syah.  1990.  Perkembangan Industri Pangan di Indonesia Vol II (5). Penerbit Erlangga. Jakarta

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :