Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Makanan untuk Penderita Diabetes

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 21 October 2012
di Gizi - 0 komentar

Diabetes melitus (DM) merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia (meningkatanya kadar gula darah) yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin atau keduanya.

Gejala umum : banyak kencing (poliuria), haus dan banyak minum (polidipsia), lapar (polifagia), letih, lesu, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya, lemah badan, kesemutan, gatal, pandangan kabur, disfungsi ereksi pada pria, dan pruritus vulvae pada wanita.

Prinsip terapi diet diabetes mellitus adalah 3J, yaitu tepat jenis, tepat jumlah dan tepat jadwal. Makanan yang dikonsumsi oleh penderita Diabetes Melitus harus tepat jenis artinya makanan yang dikonsumsi harus berkadar gula rendah, tidak terlalu manis, dan mudah cerna. Tepat jumlah artinya makanan yang dikonsumsi harus sesuai dengan kebutuhan. Sedangkan tepat jadwal artinya makanan yang dikonsumsi sesuai dengan waktu makan yaitu 3 kali makan utama dan 2 kali makan selingan.

Pada diet Diabetes Melitus, makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi antara lain : nasi, mie, roti, kentang, singkong dan gandum, ikan, ayam tanpa kulit, susu skim, tempe, tahu, kacang-kacangan, sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, kembang kol, apel, papaya, pisang, semangka, jambu air, melon, jeruk dan lainnya. Sedangkan makanan yang tidak dianjurkan yaitu : gula pasir, gula merah, sirup, selai, jeli, susu kental manis, buah-buah yang diawetkan dengan gula, minuman ringan, es krim, coklat, kue-kue manis, dodol, cake, makanan siap saji, goring-gorengan, ikan asin, telur asin, dan makanan kaleng.


Pembagian diabetes :

DM tipe 1 :

- Kerusakan fungsi sel beta di pankreas

- Auto imun, idiopatik

DM tipe 2 :

- Menurunnya produksi insulin atau berkurangnya daya kerja insulin atau keduanya

DM tipe lain :

Karena kelainan genetic, penyakit pancreas, obat, infeksi, antibody, sindroma penyakit lain

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :