Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Seputar Mie Instant

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 22 October 2012
di Ilmu Pangan - 0 komentar

saya suka makan mie di campur nasi putih, apakah itu tdk berlebhan?

Tergantung porsi (jumlah) mie dan nasi, keberadaan sumber protein dan sayur jg. Kl gk sering2 gk masalah menurut q. Trus frekuensi (intensitas seringnya bagaimana) juga bs sebagai pertimbangan apakah itu berlebihan atau tidak...

bgamana dgn mie (mie instant) yg hanya di rebus di air panas? (tdk di rebus di kompor) sehat kah itu?

Tidak terlalu berpengaruh menurut q. Justru yg direbus diatas kompor langsung dan biasanya pasti suhu tinggi bisa menyebabkan beberapa kandungan vitamin berkurang terutama vitamin yg tdk tahan panas seperti vitamin C. Bahan makanan yg sudah tersertifikasi BPOM aman, jadi jangan khawatir (baca juga nutrition fact/ informasi nutrisi yg ada pada produk pangan, disana ada beberapa informasi gizi, takaran saji, dsj.). Penetapan intensitas resiko (bahaya) bahan tambahan pada produk pangan yg dilakukan BPOM mengacu pada standar CODEX. Untuk meminimalisir lagi, beberapa produk distandard'i lebih ketat drpd standard CODEX (salah satu bahan tambahan pada mie, diketat'i, lebih ketat dr CODEX). Pengurus BPOM sudah terlatih, mereka terdiri dari ahli farmasi, ahli makanan, ahli kimia, ahli biologi, dan ilmu sejenis.

Ada negara yg menerapkan aturan lebih ketat dr standard BPOM Indonesia, seperti di Hongkong & Taiwan. Beberapa mie instant dr Indonesia tdk boleh masuk di negara tersebut karena salah satu bahan tambahan (pengawet kemungkinan, lupa q) melebihi standard negaranya. Padahal, standard Indonesia lebih ketat dari standard CODEX. CODEX adalah lembaga Internasional yg salah satuny mengawasi, meneliti, menetapkan regulasi terkait bahan tambahan makanan.

oalah katanya makan mie instan bisa kena tifus, terus ada tuh serbuk cina di mie itu bhaya gak?

Kata siapa lagi itu? waduh waduuuh. Kok menyesatkan infonya. Typus disebabkan oleh bakteri (karena gaya hidup yg gk sehat >>> tidak cuci tangan sebelum makan, gaya hidup tidak bersih, dsj.). Serbuk cina yg di mie? yg mn? Pokok anjuran q, kl beli makanan yg berlabel BPOM deh, lebih amannya. N jngn beli makanan yg neko2 (*yg gk jelas regulasinya)

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :