Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Tips Menghindari Ayam Tiren

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 24 October 2012
di Ilmu Pangan - 0 komentar

  • Tampilan fisik

Ayam tiren dapat dibedakan dengan ayam yang disembelih secara biasa. Bila ayam normal berwarna putih pucat, ayam tiren berbercak kemerahan, terutama di bagian pembuluh darahnya. Penampakan ayam tiren juga akan terlihat berbeda bila dibandingkan dengan ayam potong segar.Kesannya,daging ayam terlihat pucat, tidak segar. Itulah sebabnya daging tiren sering diberi warna penguning untuk menutupi ciri ayam tiren tersebut.

  • Harga tidak menipu

Harga merupakan salah satu tolak ukur dalam membedakan daging ilegal dengan yang tidak. Harga daging ayam tiren dan glonggongan pasti jauh lebih murah dibanding ayam potong atau daging biasa, karena kualitasnya rendah. Pengecualian atas harga tentu saja berlaku bila daging tersebut berasal dari operasi pasar yang digelar pemerintah, karena sumbernya sudah pasti jelas. Intinya, kita mesti waspada kalau dijual dengan harga tidak wajar.

  • Penjualnya tidak berani masuk pasar

Pada umumnya penjual daging ilegal berada di luar pasar, tidak berada di dalam

lingkungan pasar.Penjual daging atau ayam bisa marah bila tahu ada penjual daging ilegal masuk pasar di area tempat mereka jualan.

 

* Meskipun ciri-ciri ayam tiren dan daging gelonnggongan sudah banyak diketahui,masyarakat tetap perlu hati-hati, terutama karena daging ilegal ini banyak yang telah diolah menjadi makanan jadi, hingga susah untuk diidentifikasi. Untuk hal yang disebut terakhir, harus diketahui asal-usul bahan baku daging yang digunakan. Jadi jangan asal pilih.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :