Arya Ulilalbab

Makanan, Gizi dan Kesehatan

Twitter

Food Safety and Public Health

diposting oleh aryaulilalbab-fkm12 pada 11 December 2012
di Kesehatan - 0 komentar

Sumber gambar : http://leecountygovernment.blogspot.com/2011/07/servsafe-practical-approach-to-food.html

 

Lebih dari 200 penyakit disebarkan melalui perantara makanan

Jutaan orang meninggal setiap tahun dan banyak diantaranya disebabkan karena makanan yang tidak aman. Penyakit diare saja menyebabkan kematian pada 1,5 juta anak, dan sebagian besar dari kejadian itu disebabkan karena makanan atau minuman yang terkontaminasi.  Penyiapan makanan yang tepat dapat mencegah sebagian besar penyakit yang disebabkan oleh perantara makanan

 

Penyakit yang disebabkan melalui perantara makanan meningkat di seluruh dunia

Banyak masyarakat perkotaan yang makan di luar rumah, dimana kemungkinan makanan di luar penanganan atau preparasinya tidak aman,... Yang termasuk dalam kategori makanan yang harus ditangani dengan benar karena rawan kontaminasi yaitu makanan segar dan ikan, daging dan ayam.

 

Perhatian

Perdagangan bebas dapat meningkatkan insiden kontaminasi makanan. Tetapi, sistem keamanan makanan yang kuat dapat memperkuat ekspor sampai lintas perbatasan dimana hal ini juga berpengaruh terhadap jaminan kesehatan global.

 

Sekolah merupakan tempat untuk memulai mengenalkan keamanan makanan

Pendidikan anak sejak dini terkait penanganan makanan supaya lebih aman merupakan sebuah “kunci” untuk pencegahan penyakit yang disebabkan melalui perantara makanan. Hal ini sangat berdampak besar,  untuk saat ini dan yang akan datang. Mengintegrasikan antara pendidikan keamanan makanan dengan kurikulum yang ada di sekolahan dapat memberikan kecakapan hidup bagi anak, dimana hal ini dapat memberikan pengetahuan terkait keamanan makanan bagi mereka dan keluarganya, sehingga akhirnya berdampak pada kondisi sehat.

 

5 kunci untuk keamanan makanan

  1. Jaga kebersihan
  2. Pisahkan antara bahan baku dan makanan masak
  3. Masak semua makanan sampai benar-benar masak
  4. Jaga makanan supaya tetap dalam suhu yang aman
  5. Pergunakan air dan bahan mentah yang aman

 

Sumber artikel : 10 facts on food safety; WHO

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :